Berita Parlemen
FituredPartai Politik

Kebersamaan, Perlawanan, dan Pengabdian pada Kemanusiaan  Refleksi 51 Tahun PDI Perjuangan 

Kebersamaan, Perlawanan, dan Pengabdian pada Kemanusiaan  Refleksi 51 Tahun PDI Perjuangan 

Oleh : Saskia Ubaidi (BP PEMILU DKI)

Dalam menapaki peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-51, pada tanggal 10 Januari 2024, PDI Perjuangan tidak hanya sekedar menyelenggarakan acara seremonial namun sebuah refleksi perjalan filosofis yang mendalam.

Perjalanan PDI Perjuangan membentang seperti untaian mutiara penuh makna dan makna yang mendalam, khususnya dalam peringatan ulang tahun Kali ini yang bersamaan dengan tahun politik baik. Untaian – untaian sederhana dibawah dapat direnungkan sebagai refleksi peradapan politik Indonesia.

Konsolidasi Komprehensif

Keterlibatan dan konsolidasi dari tingkat atas hingga akar rumput menggambarkan semangat solidaritas dan persatuan dalam PDI Perjuangan. Ini bukan sekedar hajatan internal, namun sebuah partisipasi dari keterlibatan seluruh jajaran partai.

Dalam menapaki peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-51, PDI Perjuangan tidak hanya sekedar menyelenggarakan acara seremonial.

Kebersamaan, Perlawanan, dan Pengabdian pada Kemanusiaan  Refleksi 51 Tahun PDI Perjuangan 

Tema “Satyam Eva Jayate”

Tema yang dipilih, “Satyam Eva Jayate,” bukan sekadar retorika. Ia mengandung kebenaran sebagai kunci kemenangan, mencerminkan perjuangan dan keyakinan politik yang tumbuh selama 32 tahun, terutama dalam menghadapi rezim otoriter Orde Baru.

Semangat Kepartaian dan Perlawanan PDI Perjuangan tidak hanya menciptakan ikatan dengan rakyat, tetapi juga merawat semangat perlawanan terhadap otoritarianisme.

Tradisi perjuangan ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas partai. Konsep kebenaran sebagai kunci kemenangan, tetapi juga memberikan dimensi semangat kepartaian. Ia memperkuat hubungan PDI Perjuangan dengan rakyat, merunut sejarah panjang sebelum kemerdekaan Indonesia dan berdirinya Partai Nasional Indonesia oleh Bung Karno pada 10 Juni 1927.

Pondasi Keyakinan Politik untuk Pemilu 2024 

Benang merah perjuangan tidak hanya untuk perayaan HUT, melainkan menjadi landasan keyakinan politik menghadapi Pemilu 2024. PDI Perjuangan menggambarkan dirinya sebagai pewaris dan pembawa misi perjuangan.

Logo HUT ke-51 yang Bermakna

Logo khusus menciptakan ikatan visual dengan jati diri PDI Perjuangan yang bersumber dari rakyat. Ini bukan sekedar simbol, melainkan juga ungkapan visual dari semangat dan perjuangan. Logo khusus peringatan HUT ke-51 PDIP, yang dirancang oleh M Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP bidang Ekonomi Kreatif dan Kepala Situation Room, merupakan sebuah karya visual yang mencerminkan esensi dan jati diri partai.

Dalam sentuhan desainnya, logo tersebut tidak hanya menjadi simbol seremonial, melainkan sebuah perwakilan yang mendalam dari akar PDI Perjuangan yang bersumber dari rakyat.

Prananda Prabowo dengan cermat menggambarkan identitas partai, menampilkan bahwa PDI Perjuangan bukan hanya sebuah entitas politik, tetapi sebuah gerakan yang tumbuh dari dan untuk rakyat. Logo ini menjadi cermin visual dari semangat kebersamaan antara PDIP dan masyarakat, menyatukan makna dan harapan dalam perayaan ulang tahun yang ke-51.

Kesatupaduan dengan Rakyat

Peringatan HUT tidak terbatas pada partai elit; sebaliknya, PDI Perjuangan merangkul rakyat dengan menyelenggarakan hajatan di tingkat RT dan RW. Hal ini menciptakan kesatupaduan yang melampaui batasan elit politik.

Kegiatan Penghijauan sebagai Komitmen pada Bumi Pertiwi.

Tidak hanya berbicara, PDI Perjuangan bertindak. Kegiatan penghijauan seperti membersihkan sungai, menanam pohon, dan merawat kehidupan menjadi wujud nyata komitmen pada keberlangsungan dan kesejahteraan lingkungan.

Partisipasi Baguna PDI Perjuangan 

Melalui tim misi Kemanusiaan, Baguna PDI Perjuangan, membuka dapur umum dan memberikan bantuan langsung kepada rakyat. Hal ini menegaskan bahwa politik PDI Perjuangan tidak hanya berada di atas kertas, tetapi juga terlibat langsung dalam misi kemanusiaan

Dengan visi yang lebih luas dan kemanusiaan sebagai kompasnya, PDI Perjuangan tidak sekadar menjadi partai politik biasa. Partai memahami bahwa juga bahwa ekosistem dan kesejahteraan rakyat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

Inilah yang membedakan sekaligus penanda makna untuk setiap langkah yang diambil, bahwa partai adalah tonggak perubahan yang mampu menghadirkan sinar keadilan sosial, keinginan, dan kesejahteraan rakyat, yang bukan hanya menjanjikan kebijakan, melainkan komitmen untuk memberikan manfaat konkrit dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Dalam politik terang yang sering dipenuhi kepentingan pribadi, PDI Perjuangan tampil sebagai pelopor yang tidak hanya berbicara tentang nilai-nilai universal, tetapi juga menerapkannya dalam tindakan nyata.

Ulang tahun ke-51 PDI Perjuangan menjadi panggung untuk merayakan sejarahnya sebagai agen perubahan yang tak kenal lelah terus mengukir jejak membentuk dan memajukan peradaban politik Indonesia, menyuburkan keberagaman budaya bangsa dan terus mengutamakan nilai-nilai Pancasila.

Tentu saja, sebagai komitmen pengabdian pada bangsa dan negara, Pdiperjuangan akan terus mencetak “ Banteng-Banteng ” yang memiliki orientasi politik santun dalam menjalankan peran politiknya dengan integritas, serta kemampuan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara sesuai dengan semangat Pancasila.

Dalam perlawanan dan pengabdian pada kemanusiaan, terciptalah solidaritas yang memperkuat ikatan untuk mencapai tujuan bersama.

 Selamat Ulang Tahun  PDI Perjuangan! Satyam Eva Jayate…   Jayalah Bangsaku, Jayalah Negaraku Merdeka.. Merdeka.. Merdeka

Salam Pancasila.

Referensi:

https://politik.rmol.id/read/2024/01/06/604248/satyameva-jayate-jadi-tema-hut-ke-51-pdip-hasto-kebenaran-pasti-menang

 

Related posts

Ketua DPRD Rudy Susmanto Apresiasi Pokja Wartawan Kabupaten Bogor Luncurkan Program Diskusi Politik

Redaksi

Presiden RI Joko Widodo Meresmikan Terminal Tipe A Tingkir, Kota Salatiga, Terminal Paya Ilang, Kab. Aceh Tengah dan Terminal Anak Air, Kota Padang

Redaksi

Preside Jokowi Memberi Bantuan Stimulan Kepada Petani Gagal Panen

Redaksi

Pemkot Bogor Luncurkan Aplikasi Konseling Keluarga Unggul (Polink Gaul)

Redaksi

Sejarah Baru, GP Ansor Kota Depok Lantik Pengurus Harian PAC dan Ranting se-Depok

Redaksi

Sinergitas TNI-Polri Jaminan Rasa Aman Arus Mudik Lebaran

Redaksi

Leave a Comment