Berita Parlemen
AgendaFitured

Presiden Mengundang Exxon Mobil Berinvestasi di Bidang Energi Baru dan Terbarukan

Presiden Mengundang Exxon Mobil Berinvestasi di Bidang Energi Baru dan Terbarukan

beritaparlemen|Jakarta, — Presiden  RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Chairman Exxon Mobil Corporation Darren Woods di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu (15/11/2023). Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai rencana kerja sama dekarbonisasi melalui pembangunan kilang petrokimia hijau dan carbon capture storage (CCS).

“Saya apresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan carbon capture storage (CSS) dengan nilai mencapai USD15 miliar,” ujar Presiden dalam pertemuan.

Fasilitas CSS tersebut direncanakan akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, sedangkan kilang petrokimia hijaunya salah satu yang tercanggih di dunia.

“Saya senang mendengar bahwa fasilitas CCS akan jadi terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia Exxon akan jadi salah satu yang tercanggih di dunia,” imbuhnya.

Dalam keterangan terpisah, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyampaikan bahwa dalam pertemuan Presiden Jokowi juga mengundang Exxon Mobil Corporation untuk terlibat dalam pembangunan energi baru terbarukan (EBT) dan infrastruktur hijau di Indonesia, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Bapak Presiden juga mengundang ExxonMobil untuk berinvestasi di bidang energi baru dan terbarukan dan juga pembangunan infrastruktur hijau,” kata Menlu.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Retno LP Marsudi, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Setkab/BPMI SETPRES/UN)

 

Related posts

Koperasi WKM PWI Kabupaten Bogor Teken MoU Pengelolaan Lahan dengan PT PPE

Redaksi

Pemkot dan DPRD Menetapkan APBD Kota Bogor Tahun 2022 Sebesar Rp 2,53 Triliun

Redaksi

Puan Maharani Sampaikan Tiga Hal Kunci Peran Ibu-Ibu Menjaga Ketahanan Keluarga

Redaksi

Mendagri Minta Kepala Daerah Segera Laporkan SPT Tahunan

Redaksi

Iwan Setiawan Ditunjuk Jadi Plt Bupati Bogor, Isi Kekosongan Pejabat Yang Jadi Tersangka

Redaksi

Pemerintah Menindaklanjuti Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

Redaksi

Leave a Comment