Berita Parlemen
Berita UtamaFituredPemilu

API Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Kawal Pilpres 2024

API Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Kawal Pilpres 2024

Beritaparlemen.com|Jakarta, — Dukungan datang lagi untuk pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kali ini dukungan datang dari Advokat Pembela Indonesia (API).

API deklarasikan dukungan terhadap pasangan Ganjar Pranowo -Mahfud, MD pada pemilihan Presiden 2024 mendatang. Dukungan itu dideklarasikan di Sekretariat API, Jl. Kyai Maja No. 3, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023).

Keta Umum API Dr. Fernando Silalahi, SH, MH  dalam orasi politik menjelaskan bagaimana perjalanan pembentukan API yang merasa terpanggil untuk mengawal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, bahwa dirinya adalah salah satu advokat pada Pilpres 2024 yang membela Joko Widodo, pada saat berhadapan dengan Prabowo Subianto.

Fernando menjelaskan, bahwa namanya tercatat di sidang DKPP tahun 2014 ketika memperjuangkan Jokowi sebagai Presiden.

Menurutnya, Kedepan API yang ada di 8 provinsi akan mengadvokasi masyarakat untuk tidak takut membongkar praktek-praktek kecurangan dalam pemilu 2024. “Seperti namanya API, maka API akan membakar semangat masyarakat untuk memilih pemimpin yang benar-benar mensejahterakan rakyat Indonesia.

Pernyataan sikap yang dibacakan Ketum API, yakni:

1. Kami Advokat Pembela Indonesia menyatakan dengan ini menjunjung tinggi persatuan Indonesia.
2. Kami Advokat Pembela Indonesia menyatakan akan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.
3. Kami Advokat Pembela Indonesia menyatakan setiap kepada Pancasila dan UUD 1945.
4. Kami Advokat Pembela Indonesia menyatakan bertetekat bulan memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024-2029.
5. Kami Advokat Pembela Indonesia menyatakan mengawal penegakan hukum dan menghadirkan kepastian hukum yang adil untuk Indonesia.
6. Kami Advokat Pembela Indonesia menyatakan akan mengawal proses Pilpres dari kecurangan.

Deklarasi API juga dihadiri mantan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Maluku Prof. Dr. John Pieres, SH, MS, MH,  Irjen Pol (purn) Erwin Tobing didapuk menjabat Dewan Penasehat API, Prisky sebagai Dewan Pakar, dan Dewan Pembina didapuk tokoh Nias yang juga Anggota DPR RI periode 1999-2004, Firman Jaya Daely.

Dalam kesempatan yang sama, Erwin Tobing menyatakan bahwa mereka juga para jenderal yang memiliki visi yang sama membentuk relawan untuk mendukung Ganjar-Mahfud.

“Ganjar dan Mahfud dibentuk dari proses yang panjang, bukan karena dikarbit atau dipaksakan. Jadi kedua pasangan ini layak memimpin Indonesia ke depan,” ucap Erwin.

Firman Jaya dalam orasi mengatakan salut kepada API yang berani bersikap mendukung Ganjar-Mahfud padahal orang lain malah mendukung kepada presiden lain. “Luar biasa API, dengan dukungan ini akan menambah semangat untuk berjuang memenangkan Ganjar-Mahfud,” tambahnya.

John Pieris mengapresiasi apa yang dilakukan para relawan API yang bersedia dan sigap dalam melakukan advokasi kepada masyarat yang diperkusi. John berharap agar para relawan API melakukan kerja-kerja advokasi untuk memenangkan Paslon nomor 3.

“Di tengah kesibukannya sebagai dosen Universitas Kristen Indonesia (UKI) Fernando Silalahi masih menyempatkan waktu untuk berjuang untuk kesejahteraan masyarakat mendukung Ganjar-Mahfud,”ujarnya. (Dewi)

Related posts

KPK Tegaskan Kawal Pengelolaan Dana Desa, Ada 14 Potensi Persoalan

Redaksi

PAN Kota Depok Berhasil Merekrut Dua Calon Kepala Daerah

Redaksi

Terkait Kasus Ade Yasin, Ketua DPRD kab Bogor Rudy Susmanto Diperiksa KPK

Redaksi

Presiden Jokowi dan Microsoft Bahas Pengembangan SDM dan Teknologi AI

Redaksi

Universitas Pertamina Akan Kembangkan Vokasi Hijau di IKN

Redaksi

Bambang Sutopo: Ada Lima Persoalan Menjadi Prioritas Pembenahan di Kota Depok

Redaksi

Leave a Comment