Berita Parlemen
Berita UtamaFitured

Program TJSL GASKEN, Kerja Nyata Pelindo Mendukung Percepatan Penurunan Stunting

Program TJSL GASKEN, Kerja Nyata Pelindo Mendukung Percepatan Penurunan Stunting

Beritaparlemen.com|Jakarta, — PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL yang merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama anak perusahaan kembali menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program Pemerintah salah satunya terkait percepatan penurunan stunting nasional melalui Program GASKEN (Gerakan Anti Stunting, Keluarga Harapan).

Program GASKEN ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL SPSL tahun 2023 di bidang kesehatan berupa pemberian bantuan 15 (lima belas) unit timbangan bayi digital, pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan, dan pemberian paket PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 100 orang balita di wilayah Jakarta Utara, Selasa (19/12/23).

Kiki M. Hikmat selaku Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, dalam kesempatan pembukaan program GASKEN tersebut menyampaikan bahwa SPSL sebagai Anak Perusahaan BUMN berkomitmen tidak hanya terfokus pada kegiatan operasional dan bisnis, namun juga terus berupaya untuk melaksanakan program TJSL yang menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat yaitu dengan melakukan upaya pencegahan terhadap gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak di Indonesia.

“Kesehatan anak merupakan elemen penting dalam terciptanya masyarakat yang sehat dan masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, SPSL berinisiasi untuk mensukseskan program Pemerintah yang telah menargetkan prevalensi stunting menjadi 14 persen di tahun 2024. Kita berharap melalui semangat kolaborasi, sedapat mungkin kita mampu mensukseskan percepatan penurunan stunting nasional,”ujar Kiki.

Kiki menambahkan, program GASKEN ini sejalan dengan tujuan pembangunan keberlanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada tujuan SDGs ke-3 yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan (good health and well being).

Program ini juga diselenggarakan untuk memberikan layanan kesehatan untuk balita, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan stunting dan pneumonia serta meningkatkan kualitas kesehatan balita.

Program TJSL SPSL pada bidang kesehatan guna menunjang tujuan pembangunan berkelanjutan dilakukan secara konsisten oleh perusahaan sebagai upaya mengakselerasi kesejahteraan masyarakat.

Lurah Kelurahan Rawa Badak Utara, Nani, mengapresiasi langkah SPSL Group dalam program TJSL GASKEN. Menurutnya, kolaborasi dan sinergi ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mendukung program Pemerintah dalam penurunan stunting, apalagi kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan rangkaian peringatan Hari Ibu ke-95 tahun.

“Semoga melalui kegiatan ini, negara menjadi kuat dan lebih maju berkat ibu-ibu yang telah melahirkan anak-anak generasi bangsa. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada SPSL Group yang telah berkontribusi dalam upayanya menurunkan stunting di Indonesia khususnya di Kelurahan Rawa Badak Utara melalui program GASKEN. Bantuan timbangan yang diberikan akan kami distribusikan ke posyandu di wilayah RW 01 sampai dengan RW 014 yang ada di Kelurahan Rawa Badak Utara,” ujar Nani.

Ditempat yang sama, Nuraini (38) selaku orang tua Aska (3) menyampaikan bahwa ia sangat senang dapat diikutsertakan dalam program yang dilakukan oleh SPSL Group tersebut. Menurutnya, program ini sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada SPSL dan PT Menara Maritim Indonesia/MMI (Anak Perusahaan SPSL) atas program GASKEN ini. Program ini sangat membantu kami untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak kami, selain itu kami juga mendapat konsultasi kesehatan anak, tambahan pemahaman tentang kesehatan, dan pemberian paket PMT (kepanjangannya ditulis),” ujar Nuraini.

“SPSL sebagai bagian dari Pelindo Group, akan terus menjalankan program TJSL dengan menerapkan prinsip terintegrasi, terarah, terukur, dan akuntabilitas serta dilaksanakan dengan berfokus pada empat pilar yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, dan hukum serta tata kelola,” tutup Kiki.

Related posts

Banyak Manfaat, Anggota DPR Ini Apresiasi Aplikasi Telemedisin di Indonesia

Redaksi

Pemkot Bogor Akan Bentuk Tim Patroli Gabungan K3

Redaksi

Forum Renja OPD Sekretariat DPRD Kota Depok, Optimalisasi Pelayanan Terhadap Peningkatan Peran Dan Trifungsi DPRD

Redaksi

Presiden Jokowi Membuka Rakernas Badan Kesejahteraan Mesjid, Harus Aktif Kembali Seperti Tahun 60-an

Redaksi

Apkasi Mendorong Pemda Untuk Pembelian Produk Dalam Negeri

Redaksi

Raperda Usul Prakarsa DPRD Kota Depok Tentang Ketenagakerjaan

Redaksi

Leave a Comment