Berita Parlemen
AdvertorialFitured

Terapi Hiperbarik di RSUD Cibinong, Pelopor dan Satu-satunya di Kabupaten Bogor

Terapi Hiperbarik di RSUD Cibinong, Pelopor dan Satu-satunya di Kabupaten Bogor

Beritaparlemen.com|Cibinong – Ruma Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong Kabupaten Bogor kini meluncurkan salah satu pelayanan unggulan yaitu, pelayan Hiperbarik atau lebih dikenal dengan sebutan terapi oksigen murni, pelayanan ini yang merupakan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Bogor saat ini.


Pelayanan terapi Hiperbarik di RSUD Cibinong dibawah arahan dr. Sigit Budiman sebagai Koordinator dibantu dr.Martinasari Lubis, MARS.dan dr Hilman Mahendra.

Menurut koordinator Pelayanan Hiperbarik Ruma Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, dr Sigit Budiman menjelaskan bahwa terapi hiperbarik juga dapat menjadi metode pengobatan yang cukup efektif untuk menyembuhkan penyakit stroke, jantung dan yang paling bagus untuk para penderita penyakit diabetes, penyakit kulit, hingga sakit kepala berat.
“Tergantung dari kondisi kesehatan yang ingin diobati.Terapi hiperbarik perlu dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang efektif, semakin kronis penyakitnya maka semakin banyak trapi yang harus di lakukan,”Ujar dr Sigit kepada awak media pada hari Senin, (22/8/2022) di ruangan terapi hiperbarik RSUD Cibinong.


Terapi Hiperbarik dilakukan didalam sebuah ruangan semacam tabung besar. Dalam satu ruangan tersebut dapat diisi hingga maksimal 8 orang, termasuk suster pendamping.
Didalam ruangan tersebut, memiliki tekanan udara tiga kali lebih tinggi dari tekanan udara normal.
“Ini kemudian dapat membantu melawan bakteri, oksigen murni yang dihirup dalam posisi duduk, dengan menggunakan masker dan baju khusus,”jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, dr.Martinasari Lubis, MARS, menjelaskan bahwa terapi hiperbarik merupakan metode pengobatan dengan menghirup oksigen murni dalam ruagan bertekanan udara lebih tinggi dari satu atmosfer absolut.
“Tujuan terapi ini untuk megisi darah dengan oksigen yang cukup memperbaiki jaringan, megembalikan fungsi normal tubuh, ” ujara dr.Martinasari Lubis, MARS.

Beberapa kondisi kesehatan yang bisa diobati menggunakan terapi hiperbarik yakni, luka bakar, Infeksi jaringan otot, beberapa infeksi jaringan otak. Penghilangan pendegaran secara tiba-tiba. penghilangan penglihatan secara tiba-tiba.

“Jadi jaringan tubuh kita membutuhkan pasokan oksigen yang cukup agar berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk bertahan hidup,” pungkasnya.

Related posts

PKS Tak Diajak Bicara Rotasi Pimpinan Komisi DPRD Kabupaten Bogor

Redaksi

Kasie Pengawasan LH DLH, Anggap Pemberitaan Pembuangan Limbah Adalah Hal Yang Berlebihan

Redaksi

Apkasi Procurement Network 2024, Mendorong Serapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri

Redaksi

Pecah Rekor, Sudjatmiko Lolos Ke Senayan Perjuangkan Infrastruktur

Redaksi

Gempa Guncang Tapanuli Utara, 1 Orang Tewas dan 9 Orang Luka-luka

Redaksi

Wapres Ma’ruf Amin: Reformasi Birokrasi Suatu Keharusan, Demi Pelayanan Publik

Redaksi

Leave a Comment