Berita Parlemen
Berita UtamaFitured

Halal Bi Halal DMI Depok: Minta Masjid Tidak Dijadikan Tempat Politik Praktis

Halal Bi Halal DMI Depok Minta Masjid Tidak Dijadikan Tempat Politik Praktis

beritaparlemen.com|Depok, — Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok menggelar acara Halal Bi Halal bersama seluruh jajaran pengurus, pengurus DKM, alim ulama, perwakilan pimpinan Ormas Islam dll. Acara tersebut merupakan kegiatan awal yang diselenggarakan DMI.

“Momentum Halal Bi Halal ini sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar sesama setelah lebaran. Banyak kegiatan di bulan ramadhan yang telah dilakukan seperti: pelatihan zakat, pelatihan baca Al-Qur’an, tarling, masjid siaga bencana dll. Tentu, banyak agenda yang akan kita laksanakan berikutnya. Apalagi, saat ini memasuki tahun politik yang mengharuskan kita jaga persaudaraan dan persatuan,”ujar Ketua DMI Kota Depok Ust. Eko Waludi seusai acara Halal bi Halal Idul Fitri 1444 H DMI Kota Depok “Optimalisasi dan Kolaborasi DMI Kota Depok Dalam Penguatan Peran Masjid, Pemberdayaan Ekonomi dan Persatuan Umat”. Aula Gedung MUI Kota Depok.

Ust Eko mengungkapkan, masjid memiliki peran strategis di masyarakat. Tidak hanya sebagai sarana ibadah, lanjutnya, namun juga sebagai sarana dakwah, pendidikan, sosial, pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar dan lainnya. Secara khusus mengingatkan agar tidak menjadikan masjid sebagai tempat politik praktis.

“Masjid sebagai tempat suci untuk beribadah, jangan sampai dijadikan sebagai tempat untuk kampanye politik. Tentu, DMI Depok berupaya untuk memakmurkan masjid dengan mengembangkan seluruh potensi yang ada. Dalam setiap kegiatan melibatkan seluruh pengurus sesuai dengan ketentuan roda organisasi DMI,”katanya.

Sekretaris DMI Kota Depok Ust. Sutrisno mengatakan rangkaian acara halal bi halal berjalan dengan lancar. Acara dimulai dengan pembacaan Tilawatil Qur’an dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Untuk ceramah agama oleh KH. Ahmad Mahfudz Anwar dan doa disampaikan Syekh Iqbal Khan.

“Dari kegiatan ini sebagai ajang konsolidasi internal DMI Kota Depok dan memperkuat tali silaturahmi. Semoga DMI Kota Depok semakin banyak memberikan manfaat bagi masyarakat luas,”katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua Dewan Pakar DMI Kota Depok  Kolonel H. Saproni Sangadi,  Menurutnya, program-program DMI harus terukur dengan jelas. Sehingga dapat dievaluasi apa saja yg telah dilakukan oleh DMI. “Dengan menjalankan program yang terukur maka diharapkan target akan tercapai,”jelasnya.

Sementara itu, KH. Mahfud Anwar dalam ceramahnya menjelaskan tentang hikmah dari halal bi halal. Dirinya juga berpesan agar senantiasa menjaga Ukhuwah Islamiyah. Selain itu, bersyukur sebagai salah satu jati diri seorang mukmin.

“Halal bi halal adalah salah satu tradisi asli Indonesia yang dilakukan setelah lebaran. Semoga pengurus DMI Kota Depok semua diberkahi oleh Allah dalam upaya memakmurkan masjid,”harapnya.

Sebagaimana diketahui laranagan kampanye di tempat ibadah berdasarkan pasal 280 Undang-undang Pemilu. Laranangan tersebut tidak hanya masjid saja, tapi juga mushola dan tempat ibadah lainnya.

Related posts

Percepatan Penyelesaian Sertifikat Tanah Masyarakat Pada Tahun 2024

Redaksi

Mengawali Triwulan I Tahun 2024, Pelindo Regional 2 Berikan Kinerja Positif

Redaksi

PENA Foundation Fokus Pengembangan SDM, Mengurangi Pengangguran di Kabupaten Bogor

Redaksi

Raperda Usul Prakarsa DPRD Kota Depok Tentang Ketenagakerjaan

Redaksi

Adi Suwardi Dewan: Pengusaha Tidak Taat Pajak, Lebih Baik Hengkang dari Kabupaten Bogor

Redaksi

Jelang Pemilu 2024, Partai NasDem DPD Kota Depok Siapkan Langkah Stratregis

Redaksi

Leave a Comment