Berita Parlemen
AspirasiFitured

Kemendag dan Komisi VI DPR Sidak ke Pasar Cibinong, Ini Hasilnya

Kemendag dan Komisi VI DPR Sidak ke Pasar Cibinong, Ini Hasilnya

Beritaparlemen.com|Cibinong — Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Komisi VI DPR menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, guna mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok, Selasa (12/4/22).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurman mengatakan, pada dasarnya di tengah gejolak pangan dunia, pemerintah tetap memastikan ketersediaan bahan pokok terutama dalam rangka menghadapi ramadan dan Idulfitri.

“Makanya kami turun karena ini ada gejolak dunia, beberapa komoditi memang perlu penyesuaian dan tidak bisa kita hindari. Setelah 2 tahun berjalan terkontraksi perlu ada keseimbangan baru, karena gejolak dunia tidak hanya dari harga saja, tapi termasuk transportasi, biaya logistik juga meningkat tajam sehingga memang beberapa komoditi yang tergantung dari impor harus ada penyesuaian,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi VI DPR RI, Arief Prasetyo mengungkapkan, berdasarkan hasil kunjungan lapangan bahwa didapati harga daging yang masih tinggi, lalu harga tahu tempe yang sedikit kemahalan karena faktor bahan baku yang impor, serta harga minyak goreng yang masih belum mencapai Rp14 ribu seperti yang diharapkan, untuk harga telur ada di angka Rp24.000 dan ini harus terus dijaga agar tidak mengalami kenaikan.

“Kami minta tolong dipikirkan bersama, baik dari segi kebijakan Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional. Untuk pengawasan di lapangan kami minta tolong Bareskrim Polri melalui Satgas pangannya. Harapan kita masyarakat jangan dibikin susah karena harga pangan yang sulit, barangnya langka ataupun ketinggian,” tandas Arief.

Masih ditempat yang sama, Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan, telah meminta kepada Kementerian Perdagangan untuk bisa menstabilkan harga supaya tidak memberatkan masyarakat, karena selama bulan Ramadhan dan jelang lebaran nanti diprediksi kebutuhan daging sapi, daging ayam dan kebutuhan pokok lainnya akan mengalami peningkatan. Dikhawatirkan harga kembali naik pada saat lebaran, untuk mengantisipasi kenaikan harga, ia meminta agar Pemerintah Pusat melakukan operasi pasar.

“Antisipasi kenaikan harga, saya kira perlu diadakan gebrakan termasuk operasi pasar. Operasi pasarnya jangan langsung ke masyarakat tetapi langsung ke pedagang, jadi pedagang bisa menjual lebih murah, sehingga akan terjangkau oleh seluruh masyarakat. Kalau operasi pasar langsung ke masyarakat hanya beberapa segelintir masyarakat saja yang dapat tapi yang lain tidak, kalau di pasar saya kira ini akan merata, memudahkan dan meringankan beban masyarakat. Saya harap kenaikan ini tidak berlanjut hingga jelang lebaran nanti, keinginan kami dengan masyarakat sama yaitu harga kebutuhan pokok kembali stabil,” ungkap Ade Yasin.  (Htp)

Related posts

Presiden Partai Buruh Menolak Kenaikan UMP DKI Jakarta

Redaksi

Ditugasin Bupati Atasi Pencemaran Setu Citongtut, Ini Jawaban Tegas Ade Yana

Redaksi

Jamsostek Beri Pelindungan Bagi Pekerja Ditengah Krisis Ekonomi

Redaksi

Komitmen Brantas Korupsi , PT Pelindo Raih Penghargaan Dari Stranas PK

Redaksi

Publikasi Kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor

Redaksi

Presiden Joko Widodo: Realisasi APBN Tahun Anggaran 2024 Dilaksanakan Sejak Bulan Januari

Redaksi

Leave a Comment