Berita Parlemen
Berita UtamaFitured

Ketua Fraksi PKB Depok Dorong Pemkot Tangani Kasus Kekerasan Anak

Ketua Fraksi PKB Depok Dorong Pemkot Tangani Kasus Kekerasan Anak

Beritaparlemen.com|Depok – Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Depok Tati Rachmawati prihatin adanya kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kemiri Muka, Beji. Menurutnya, kasus tersebut harus menjadi peringatan sekaligus pembelajaran semua pihak. Yaitu: untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kekerasan pada anak di Depok.

“Komitmen bersama antara pemerintah Kota Depok, masyarakat khususnya orang tua sangat diperlukan. Bersama-sama melakukan pencegahan dini dalam melindungi anak-anak Depok dari ganasnya pelaku kejahatan seksual pada anak,”ujarnya.

Tati menyarankan agar Pemkot Depok melalui DPAPMK mengembangkan pendekatan perlindungan anak berbasis masyarakat. Menurutnya, peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang hak-hak anak dan perlindungan di antara anak-anak serta orang dewasa.

“Anak-anak juga harus membentengi diri, dengan cara pro-aktif. Menjadi pelopor dan pelapor bagi sesamanya. Kita berharap melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, Pemkot Depok dapat melibatkan seluruh elemen masyarakat. Yaitu: dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaannya terhadap pentingnya keluarga dan masyarakat dalam melindungi anak,” terangnya.

Anggota Komisi D DPRD Kota Depok ini mendorong Pemkot Depok membuat kebijakan baru yang ramah terhadap perempuan dan anak. Diantaranya: pembinaan yang dimulai dari keluarga, penataan tempat-tempat bermain anak.

Disamping itu, lanjutnya, fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk anak. Bahkan, jika diperlukan Pemkot Depok membuat tim khusus atau Satgas perlindungan anak. Yakni: menjangkau hingga lembaga pendidikan dasar(SD/MI& SMP/MTs), Pesantren, TPQ/TPA, Majelis Ta’lim dan RT-RW.

“Meski telah ditangani Polres Depok, Pemkot Depok perlu menghadirkan pakar psikologi. Tentunya, yang dapat dilibatkan untuk membantu pengentasan masalah psikis korban melalui pendampingan atau terapi,”harapnya.

Pihaknya mengapresiasi aparat kepolisian. yang melakukan langkah cepat dalam penanganan kasus pencabulan terhadap anak yang terjadi di wilayah Depok.

“Kita berharap Pemkot Depok dapat menjadi pelopor dalam upaya perlindungan terhadap anak dari berbagai bentuk kekerasan. Sehingga Kota Depok dapat menjadi Kota yang aman, nyaman dan Kota layak anak yang menentramkan,”harapnya.

Related posts

Stasiun Pompa Air Ancol Sentiong, di Jakarta Utara, Mengurangi Banjir di Tujuh Kecamatan

Redaksi

Presiden Jokowi: Memasuki Tahapan Pemilu, Semua Pihak Harus Menjaga Stabilitas Nasional

Redaksi

Pemprov Jatim Ajukan Dua Raperda Pelayanan Publik dan Perlindungan Dan Pemberdayaan K-UKM

Redaksi

Peringati HUT RI Ke-77 RI, Plt Bupati Bogor Sampaikan Hal Penting Ini

Redaksi

Pemkab Bogor Bentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Lokal Dalam Negeri

Redaksi

Apkasi Mendorong Pemda Untuk Pembelian Produk Dalam Negeri

Redaksi

Leave a Comment