Berita Parlemen
Berita Utama Fitured

Pertamina Tanam Pohon Dalam Rangka Hari Menanam Pohon Nasional

Makassar, 30 November 2021 – Sebagai wujud partisipasi menyemarakkan Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh tiap tanggal 28 November, Kementerian BUMN bersama beberapa BUMN melaksanakan seremonial Program Penanaman Pohon secara serentak di 7 Lokasi di Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Danau Toba, Riau, Lampung, Jakarta, Malang, dan Makassar.

Di Makassar, kegiatan diselenggarakan di Center Point of Indonesia dengan Pertamina selaku BUMN Koordinator. Hadir memberikan sambutan Menteri BUMN Erick Thohir secara live relay dari Kantor Kementerian BUMN, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Executive GM PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Agus Dwi Jatmoko dan Pjs VP CSR SMEPP Pertamina Dian Hapsari Firasati

Executive GM Patra Niaga Regional Sulawesi Agus Dwi Jatmoko saat menyerahkan bibit secara simbolis kepada Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Menteri Erick secara simbolis menanam pohon pucuk merah dan tabebuya di halaman Gedung Kementerian BUMN dan Plt Gubernur Sulsel menanam Ketapang Kencana di CPI bersama dengan Forkopimda dan Mahasiswa Pecinta Alam.

Erick Thohir dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi melalui Program TJSL untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) No. 13 (Penanganan Perubahan Iklim) dan No. 15 15 (Keberlanjutan Ekosistem Daratan) yang dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, terintegrasi, terarah, dan terukur dampaknya.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan penanaman didampingi Management Pertamina dan Forkopimda Sulsel.

“Dampak dari penanaman pohon ini akan menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060 dan juga menjawab isu dekarbonisasi,” ujar Erick ketika memberikan sambutan pada acara tersebut.

Dalam rangkaian kegiatan Penanaman Pohon BUMN ini, turut dilakukan Launching Bulan Menanam Pohon Nasional dan Donasi Pohon oleh Pegawai BUMN sebagai implementasi Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia. Menteri BUMN turut mengajak seluruh pegawai Kementerian BUMN dan karyawan BUMN untuk melakukan donasi untuk penanaman pohon.

 

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan dalam sambutannya bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap tahunnya, kiranya jangan hanya sebagai suatu peringatan rutinitas semata melainkan sebagai suatu wahana untuk meningkatkan kesadaran kita untuk peduli dan memberikan perhatian besar pada kelestarian fungsi lingkungan hidup. “Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi yang telah membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam upaya pelestarian lingkungan yang akan memberikan keuntungan secara ekonomi, kesehatan, dan kualitas hidup masyarakat,” ujar Andi Sudirman.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Sulawesi Agus Dwi Jatmoko dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon hari ini di Kota Makassar, nantinya sebanyak 1.000 bibit pohon diantaranya tanaman Ketapang, Kencana, Kurma dan Tala akan menghiasi taman yang diberikan nama Taman Firdaus di kawasan CPI ini sebagai bentuk kontribusi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang diberikan oleh Pertamina.

“Kami berkolaborasi dengan Pemprov Sulsel, Adik-adik Mapala dan seluruh pihak terkait dan Penanaman ini kita kawal bersama dengan tujuan meningkatkan ruang terbuka hijau di Kota Makassar dan Sulsel,” ujar Agus.

Penanaman Pohon oleh Pertamina ini pun bukan kali pertama dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan oleh Pertamina, dimana sejak tahun 2020 hingga 2021, Program CSR / TJSL dari DPPU Hasanuddin di Dusun Cindakko, Kabupaten Maros telah melakukan program yang sama dengan jumlah pohon yang tanam lebih dari 24.000 pohon. Secara nasional Pertamina melaksanakan upaya pelestarian lingkungan di setiap wilayah operasi Pertamina.**

Keterangan Foto1 : Executive GM Patra Niaga Regional Sulawesi Agus Dwi Jatmoko saat menyerahkan bibit secara simbolis kepada Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Keterangan Foto2 : Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan penanaman didampingi Management Pertamina dan Forkopimda Sulsel.

Related posts

Usep Supratman Membantah Soal Dugaan “Pelesiran” ke Bali, Ada Miskomunikasi Dengan Ketua DPRD

Redaksi

BAPPENDA Kabupaten Bogor Luncurkan Kebijakan Relaksasi Pajak Daerah Tahun 2022

Redaksi

KPK Memanggil 10 Orang Saksi Pejabat DPUPR Kabupaten Bogor Serta BPK

Redaksi

Dukung COP 26, Universitas Pertamina Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Blora

Redaksi

Ini Pesan KH. Agus Salim Kepada Pejabat Kabupaten Bogor Yang Baru Dilantik

Redaksi

Soal Retribusi PKL Citeureup, Anggota Komisi II Minta Dinas Terkait Jangan Tutup Mata

Redaksi

Leave a Comment